Pendampingan Mata Pelajaran Keterampilan Web Programming Bagi Siswa (Studi Kasus di SMK Kanisius Bharata Karanganyar)

Authors

  • Anci E. A. Niitsae Universitas Kristen Teknologi Solo Author
  • Retno Palupi Universitas Kristen Teknologi Solo Author
  • SM Santi Winarsih Universitas Kristen Teknologi Solo Author

Keywords:

SMK, Guru, Siswa, Mata Pelajaran

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kanisius Bharata Karanganyar merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu kepada siswa, tetapi dalam proses pembelajaran sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam belajar oleh karena itu, untuk meminimalisir kesulitan yang dihadapi siswa, maka perlu difasilitasi dengan kehadiran guru pendamping di sekolah. Teknik atau cara memperoleh data yang digunakan untuk menyusun laporan magang ini : a. Jenis data Data yang diperoleh berasal dari siswa yang didampingi dan siswa yang tidak didamping, siswa yang didamping dapat mengerjakan dengan baik dan lancar, sedangkan siswa yang tidak didampingi kesulitan dalam melaksanakan pratik Ketrampilan Web Programming. b. Sumber data Sumber data yang diperoleh berasal dari hasil pengamatan pelajaran Ketrampilan Web Programming pada siswa SMK Kanisius Bharata Karanganyar. c. Pengumpulan data Mengumpulkan informasi dari dokumentasi kegiatan belajar serta program pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran terhadap siswa SMK Kanisius Bharata Karanganyar. Berdasarkan hasil pengamatan di SMK Kanisius Bharata Karanganyar proses pembelajaran mata pelajaran web proggraming tanpa guru pendamping di mana siswa belajar secara mandiri atau siswa belajar bersama guru mata pelajaran, dalam proses pembelajaran siswa dengan kemampuan yang berbeda-beda mungkin tidak mendapatkan perhatian khusus sesuai dengan kebutuhan mereka, dan dalam lingkungan yang tidak mendapatkan dukungan tambahan dari seorang guru pendamping. Dalam proses pembelajaran mata pelajaran web proggraming di SMK Kanisius Bharata Karanganyar siswa berada dalam kelas yang besar, sehingga sulit bagi guru mata pelajaran untuk memberikan perhatian individual kepada setiap siswa, sehingga siswa yang mengalami kesulitan belajar mungkin tidak mendapatkan dukungan yang memadai. Pembelajaran bersama guru pendamping melibatkan kolaborasi antara guru pendamping dan guru mata Pelajaran untuk memberikan dukungan dan bimbingan kepada siswa, guru mata pelajaran bekerja sama dengan guru pendamping untuk mengidentifikasi kebutuhan setiap siswa. Dalam proses pembelajaran mata pelajaran web proggraming di SMK Kanisius Bharata Karanganyar siswa berada dalam kelas yang besar, sehingga sulit bagi guru mata pelajaran untuk memberikan perhatian individual kepada setiap siswa, sehingga siswa yang mengalami kesulitan belajar mungkin tidak mendapatkan dukungan yang memadai. Hasil pembelajaran bersama guru pendamping dapat mencakup berbagai aspek, baik dari perspektif siswa, guru mata pelajaran, maupun guru pendamping.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

09-01-2025

How to Cite

Pendampingan Mata Pelajaran Keterampilan Web Programming Bagi Siswa (Studi Kasus di SMK Kanisius Bharata Karanganyar). (2025). Jurnal Solo Teknologi, 1(1). https://jurnal.ukts.ac.id/index.php/soloteknologi/article/view/26